Cegah Banjir di Tembilahan, Bupati Inhil Ajak Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan 

Bupati Inhil HM Wardan saat membuka rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan (sumber foto: Instagram @Prokopim Kabupaten Inhil)

 

 

SIBERONE.COM - Melihat kondisi banjir yang sering terjadi di kota Tembilahan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP tidak bosan-bosannya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat kabupaten Inhil agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.

 

Ajakan Bupati tersebut mengingat sampah plastik atau bekas rumahan dan warung makan bisa mengakibatkan hal yang fatal terhadap penyumbatan selokan ketika terjadi banjir, Minggu (29/1/2022)

 

Terlebih di kabupaten Inhil memiliki musim banjir rob di setiap tahunnya, dan baru baru ini terjadi banjir rob yang debit air nya melebihi tahun dahulu sehingga menenggelamkan jalanan dan rumah-rumah warga. 

 

"Kalau kebiasaan ini tidak kita rubah, saluran irigasi kita akan dangkal dan jika air pasang maka jalan dan rumah akan tenggelam dan ini tentu menyusahkan kita dalam beraktivitas," ungkap Bupati. 

 

Bupati juga menjelaskan, selain menghimbau masyarakat, Pemerintah Daerah kabupaten Inhil melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) telah berupaya meminimalisir penyumbatan selokan dengan membentuk pasukan Juang dan aktif membersihkan saluran irigasi yang berada di seluruh kota Tembilahan.

 

"Petugas terus aktif membersihkan saluran air dan untuk itu kita berharap agar masyarakat dapat mendukung ini dengan tidak lagi membuang sampahnya ke selokan atau sungai. Kita punya petugas yang mengangkut sampah setiap harinya di lokasi yang sudah di tentukan dan kita tinggal letak saja sampah disana," tambah Bupati

 

Kendati demikian, ia mengajak warga untuk sadar akan pentingnya kebersihan supaya terhindar dari bencana banjir.

 

"Jadi ayo bersama kita sadar akan pentingnya kebersihan agar kita semua terhindar dari berbagai macam bencana yang salah satu nya ialah banjir yang terus kita rasakan setiap tahun nya, jika saluran air kita bersih dan air sungai ataupun hujan dapat mengalir lancar ke sungai besar Insya Allah kita tidak akan merasakan banjir yang merendam rumah-rumah lagi," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar